Thursday, February 3, 2011

IP MAN - Seni bela diri WING CHUN

Baru2 ni aku secara xsengaja nonton crita IP MAN kat TV3. Xsangka la pulak crita tu best, so aku pun rajin2 la google sape sbenarnye IP MAN ni.

Ip Man atau Ip Kai Man (lahir di Foshan, Guangdong, China, 1 Oktober 1893 – meninggal di Hong Kong, 2 Desember 1972 pada umur 79 tahun), lebih dikenal dengan Guru Besar Ip Man adalah praktisi ilmu bela diri Cina pertama yang mengajarkan Wing Chun secara terbuka. Dia memiliki beberapa murid yang kemudian menjadi guru bela diri independen diantaranya Kwok Fu, Lun Kai, Ip Chun, Ip Ching, Leung Sheung dan juga Bruce Lee.

Awal Kehidupan
Ip Man lahir di Foshan, 1893 masa pemerintahan Guangxu, Dinasti Qing. Dia adalah anak ketiga dari empat beradik yang dilahirkan dari pasangan Ip Oi dan Ng Shui. Abang dan kakaknya bernama Ip Kai Gak dan Ip Wan Hum. Ip Man lahir dalam keluarga kaya dan menerima pendidikan dengan baik.

Ketika Ip Man berumur 3 tahun dia mulai belajar Wing chun dari Chan WahSun. Oleh kerana umur gurunya yang sudah tua, Ip Man lebih banyak belajar ilmu dari Ng Chungsok, senior kedua dalam satu perguruan. Setelah tiga tahun Ip Man berlatih Wing Chun, Chan WahSun meninggal dunia.
Pada umur 15, Ip Man berpindah ke Hong Kong dengan bantuan temannya Leung Fut Ting. Setahun kemudian, Ip melanjutkan pendidikan di Sekolah St. Stephen di Hong Kong yang merupakan sekolah untuk keluarga kaya dan orang asing yang menetap di Hong Kong. Menurut kedua puteranya, Ip Ching dan Ip Chun, ketika di St. Stephen, Ip Man terserempak dengan seorang pegawai polis asing sedang memukul seorang wanita. Ip cuba menghalang perbuatan tersebut, namun pegawai polis itu menyerang Ip Man akan tetapi Ip menggunakan ilmu bela dirinya untuk menjatuhkan pegawai polis itu dan kemudian berlari ke sekolah dengan teman sekelasnya.

Temannya memberitahu Ip Man bahawa ada seorang lelaki tua yang tinggal di kawasan perumahan yang sama dan mengundang Ip untuk menemuinya. Lelaki tua itu bertanya kepada Ip Man "Ilmu bela diri apakah yang kamu pelajari?" dan Ip Man menjawab "Kamu tidak akan mengerti". Ip dipelawa untuk berlatih Chi Sau (bentuk latihan menyerang dan bertahan dengan kedua tangan). Ip Man menganggap hal tersebut merupakan kesempatan bagus untuk meningkatkan ilmu bela dirinya, akan tetapi dia dijatuhkan hanya setelah beberapa serangan. Ternyata Lelaki tua itu adalah Leung Bik, anak dari Leung Jan, guru dari Chan WahSun yang tidak lain adalah gurunya Ip Man. Setelah kejadian itu, Ip Man melanjutkan latihan Wing Chun dengan berguru dengan Leung Bik. Pada Umur 24 tahun Ip Man kembali ke Foshan dengan keahlian Wing Chun yang sangat baik.

Di Foshan, Ip Man bekerja sebagai seorang polis. Dia tidak menjalankan perguruan Wing Chun secara formal, tetapi mengajar beberapa pegawai bawahan dan rakan. Kwok Fu dan Lun Kai adalah dua murid pertama Ip Man yang kemudian mereka sendiri juga mengajarkan Wing Chun. Seni bela diri Wing Chun di Foshan dan wilayah Guandong terutama berasal dari kedua murid ini.

Ip Man berhijrah ke kampung halaman Kwok Fu pada saat Jepun menguasai Foshan. Dia kembali ke Foshan setelah perang berakhir, dan kembali bertugas sebagai pegawai polis. Pada akhir tahun 1949, parti Komunis Cina pula berkuasa. Ip Man memutuskan untuk melarikan diri ke Hong Kong tanpa keluarganya ketika para Komunis datang ke Foshan.

Di Hongkong, Ip Man membuka Perguruan bela diri Wing Chun.Pada awalnya bisnis perguruan tidak berjalan lancar karana murid - muridnya hanya bertahan beberapa bulan. Dia berpindah perguruannya hampir dua kali iaitu ke jalan Hoi Tan di Sham Shui Po dan kemudian ke jalan Lee Tat di Yau Ta Tei. Pada saat itu, muridnya sudah mempunyai ahli masing2 untuk mula membuka perguruan sendiri. Beberapa dari murid Ip Man dan keturunannya menunjukkan kemampuan Wing Chun mereka dengan mempraktik seni bela diri yang lain dalam pertarungan. Kemenangan murid - muridnya membantu meningkatkan reputasi Ip Man sebagai Guru Besar Wing Chun. Pada tahun 1967, Ip Man dan beberapa muridnya mendirikan Persatuan Wing Chun di Hongkong yang dikenal dengan "Hong Kong Ving Tsun Athletic Association".

2 comments:

  1. menurut flim ip man 1,bahwa ipman lari kehongkong karena berhasil mengalahkan salah satu petinggi jepan si fushan(kampung halaman ipman)nah...kok di sini di ceritakan kalo ipman ke hongkong karena adanya partai komunis,di fuhsan?yang betul mana?...aku jadi penasaran....

    ReplyDelete
  2. lah itu cuma film. di dramatisir. yg sebenernya ipman gak pernah bertarung dengan petinggi jepun. atopun berduel dengan petinju dari amrik.

    yg bikin ipman terkenal itu bukan karena prestasi bertarungnya dia. prestasi murid2nya ipman-lah yg berjasa meningkatkan reputasinya dia sebagai guru beladiri.

    yg paling signifikan meningkatkan reputasinya tiada lain dan tiada bukan yaa bruce lee itu. muridnya yg paling fenomenal... makanya bruce lee selalu disebut2 sebagai muridnya ipman. padahal bruce lee cuma salah satu dari ratusan muridnya yg ada di perguruannya ipman

    ReplyDelete

Mungkin anda minat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...